Peluang
Pasar adalah pasar sasaran yang didalamnya terdapat keinginan dan kebutuhan
yang ingin dipenuhi. Peluang Pasar dapat dilihat melalui 2 pendekatan yaitu
Pendekatan Permintaan (Demand) dan Pendekatan Penawaran (Supply).
a. Hukum Permintaan dan
Penawaran
·
Apabila harga produk murah maka pembeli akan
membeli produk tersebut dengan jumlah
yang banyak.
·
Apabila harga produk mahal maka pembeli akan
membeli produk tersebut dengan jumlah sedikit.
·
Untuk itu Wirausaha harap berhati hati dalam
menetapkan harga suatu produk.
b. Identifikasi Peluang
Pasar
·
Mengamati kebutuhan yang banyak diperlukan oleh
konsumen.
·
Mengetahui kapan konsumen membutuhkan kebutuhan
tersebut.
·
Memperhatikan karakter konsumen berdasarkan
jenis kelamin, usia, pekerjaan maupun pendidikan.
·
Mengetahui daya beli konsumen sesuai dengan
pendapatannya.
·
Memperhatikan apakah pasar banyak pesaing atau
tidak.
c. Yang harus diketahui dalam
menganalisa peluang pasar
·
Potensi pembeli terhadap barang.
·
Motivasi konsumen dalam membeli barang.
·
Ukuran pasar (jumlah pembeli dalam pasar)
·
Sifat-sifat konsumen
·
Target pasar spesifik
·
Pengaruh pasar eksternal
·
Analisa pesaing yang menyangkut pesaing yang
ada, pesaing baru yang mungkin masuk serta kekuatan pesaing dan kelemahan
pesaing.
Potensi pasar
Potensi
pasar adalah batas yang didekati oleh permintaan ketika pengeluaran pemasaran
industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan yang telah ditentukan
Pengertian Pasar
·
Sebagai tempat bertemunya penjuan dan pembeli
untuk melakukan transaksi jual-beli produk, baik jasa maupun barang.
·
Himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial
atas suatu produk.
·
Sebagai suatu mekanisme yang terjadi antara
penjual dan pembeli.
·
Tempat pertemuan antara kekuatan-kekuatan
penawaran dan permintatan.
·
Pembeli dan penjual tidak harus bertemu disuatu
tempat untuk melakukan transaksi tetapi cukup dengan sarana komunikasi
(telepon, faksimile, dan internet).
CARA MELIHAT PELUANG PASAR
Kita dapat melihat Peluang pasar dengan cara mengamati
konsumen. Kita harus mengetahui apa yang meereka butuhkan, perilaku konsumen
dan lain – lainnya dengan itu fokus pengamatan kita adalah :
- Barang dan jasa apa yg dibutuhkan konsumen
- Berapa banyak yang mereka butuhkan?
- Kualitas mana yang paling tepat.
Suatu hal yang dapat membantu Anda
dalam menilai peluang pasar adalah informasi. Informasi yang lengkap dan akurat
dapat membantu Anda dalam mengambil keputusan, sebagai berikut:
- Menemukan pasar yang menguntungkan
- Memilih produk atau jasa yang dapat dijual
- Menentukan perubahan dalam perilaku konsumen
- Meningkatkan teknik-teknik pemasaran
- Merencanakan sasaran yang realistis
- Meramalkan untuk masa yang akan datang
MEMBACA
PELUANG PASAR
Suatu perusahaan perlu menganalisa atau membaca
peluang pasar yang dapat dimanfaatkan. Membaca peluang pasar merupakan hal yang
penting,karena dengan itu, perusahaan dapat mengetahui apakah produk yang
diciptakan mempunyai peluang untuk dipasarkan dan dengan membaca peluang pasar
perusahaan juga dapat mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen.
Dari mana kita dapat membaca peluang pasar? Peluang
pasar bisa kita dapatkan dari berbagai segi kehidupan,seperti segi teknologi,
budaya, agama dsb.
Cara
membaca peluang pasar perekonomian:
·
Menentukan
jenis usaha. Terkadang peluang usaha dilihat baru kemudian jenis usahanya
ditentukan. Tetapi terkadang hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Yang
artinya, jenis usaha ini adalah jenis usaha bersifat tren, bersifat intuis dan
lain sebagainya. Karena jika usaha bersifat tren, maka usaha akan mempunyai
prospek yang bagus ke depannya. Jika usaha bersifat intuisi atau obsesi maupun
cita-cita, sebaiknya imbuhkan dengan sesuatu yang unik yang berbeda. Pikirkan
alternative yang bagus dan unik yang bisa bertahan lama di pasar.
- Melihat produk. Selain sifat jenis usaha, kita juga harus melihat produk yang akan kita pasarkan. Teliti dan kaji baik-baik karena kita akan mendapatkan keuntungan hanya dari produk yang terjual. Apakah produk akan cepat habis sehingga pelanggan mempunyai traffic atau perputaran omzet yang banyak? Apakah produk lama habisnya tetapi keuntungan besar ketika produk terjual? Teliti lebih lanjut mana yang diinginkan dan mana yang lebih menguntungkan.
- tentukan target pasar. Jadi seerti yang kita ketahui bahwa produk bisa terjual jika terdapat di pasar yang mana produk yang akan terjual. Tentukan pasar atau daerah yang akan dimasuki, jika memungkinkan kita bisa menargetkan untuk mengekspor produk. hal ini tidaklah mustahil mengingat banyak sekali cara yang bisa ditempuh agar bisa masuk ke pasar Internasional. Tetapi yang perlu diingat adalah kita perlu memastikan kualitas produk adalah kualitas Internasional agar tetap laku dan laris manis.
- usaha di sekitar kita. Jika di sekitar usaha kita sudah ada usaha sejenis, kita harus mengkaji ulang produk. Jangan sampai merugi karena sudah ada produk serupa di wilayah yang diinginkan. Kaji ulang dan temukan pasar yang lain yang bisa menerima produk kita dengan lebih baik. Banyaknya pesaing akan mengakibatkan produk kurang terjual, bahkan yang mengerikan adalah tidak terjualnya produk. Tetapi jangan pernah takut untuk mencobanya. Kita harus memastikan produk mempunyai karakteristik tersendiri sehingga layak jual dan mampu bersaing dengan produk yang sudah ada.
CARA MEMANFAATKAN PELUANG PASAR
"Peluang Adalah EMAS", istilah itu memang bukan mengada-ngada, peluang memang di ibaratkan sebagai emas yang bernilai yang sayang jika harus dilewatkan. Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses,maka jangan sekali-sekali mengabaikan peluang usaha yang ada yang sebenarnya banyak disekitar kita. Peluang itu banyak sekali, menarik, dan indah. Tetapi dalam kenyataan hidup tidak banyak orang yang bisa memanfaatkan peluang yang ada. Bahkan banyak yang meninggalkan peluang, meskipun peluang-peluang itu sudah di depan mata atau di samping dirinya. karena kita serasa bingung untuk memanfaatkannya,serta harus dimulai dari mana padahal peluang itu hanya datang satu kali saja.bisa saja jika kita melewatkan peluang tersebut yang menurut kita itu peluang usaha yang niche atau bagus lantas keburu diambil oleh orang lain.
Peluang
berarti juga pasar. Jika seseorang ingin berhasil, apalagi berhasil sebagai
entrepreneur, dia harus bisa secara cerdik menangkap dan memanfaatkan peluang,
kemudian mengambil keputusan yang tepat agar memenangkan persaingan di
pasar.Dengan kreativitas berarti seseorang bisa secara bersama-sama menciptakan
atau menangkap peluang dan memaksimalkan resources lain yang bisa mendukung
agar peluang-peluang dan kreativitas itu menjadi berhasil.Dan agar
peluang-peluang dan kreativitas itu berhasil dibutuhkan komunikasi yang baik.
Bagi seorang entrepreneur, keterampilan berkomunikasi itu sangat penting.
Segala ide dan kreativitas yang ada pada diri seorang entrepreneur harus bisa
dikomunikasikan dengan baik ke pasar.
Seorang
entrepreneur harus rajin pergi ke mana saja, untuk mengkomunikasikan ide dan
kreativitasnya. Dengan komunikasi yang baik, seorang entrepreneur harus punya
keyakinan bahwa ide dan kreativitasnya itu bisa diterima pasar,Memang tidak lah
mudah bagi seseorang untuk bisa memanfaatkan peluang usaha dengan cara
memanfaatkannya atau mempraktekannya dalam dunia wirausaha yang
sesungguhnya.Ini akan terasa berat karena selain membutuhkan ketekunan, tenaga
juga modal yang jumlahnya relatif.
v Berikut tips cara memanfaatkan peluang usaha :
1. Melakukan
Riset Pasar
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana
3. Patuh terhadap aturan
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran
2. Mempersiapkan dan menyusun rencana
3. Patuh terhadap aturan
4. Strategi Pemasaran yang tepat sasaran
Jika ke empat poin dasar diatas sudah kita lakukan,
maka hal yang paling penting adalah mempraktekannya. Anda harus berani memulai
wirausaha atas ide-ide anda sehingga anda akan tahu peluang usaha yang
sedang dijalankan adalah peluang
usaha yang benar-benar bagus. Jangan takut untuk memulai usaha.
Kita harus
yakin menentukan jenis usaha yang akan kita tekuni. Jika kita merasa tidak
yakin dengan jenis usaha yang kita dapatkan, cobalah temukan jenis usaha yang
lain. Lebih baik Anda membuat jurnal atau sekedar membuat coret-coretan untuk
membandingkan jenis-jenis usaha.
Namun selain kerja keras dan cerdik
memanfaatkan peluang ada hal yang juga perlu diperhatikan, yakni unsur ‘luck’
(keberuntungan).Bagaimana pun, unsur luck itu penting bagi keberhasilan
seseorang dalam berbisnis.
Tugas : Ekonomi Koperasi
Kelas : 2EA13
Dosen : Priyo Purwanto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar